yufid.com

Minggu, 12 Februari 2012

Cara menata barang dagangan di toko.


Salah satu cara agar toko lebih menarik adalah dengan menata barang dagangan dengan sedemikian rupa agar tampak lebih menarik, meyakinkan dan lebih rapi, tentunya dengan harapan penjualan semakin meningkat. Berikut tipsnya:
1.      Isilah pada bagian depan toko terlebih dahulu. Kesan penuh harus anda tampilkan dengan menata produk  anda dengan mengutamakan mengisi bagian depan atau etalase depan terlebih dahulu bahkan ada yang mengisi bagian teras atau trotoar toko agar lebih menarik perhatian calon pembeli. Keamanan harus diutamakan jangan sampai produk tersebut jadi sasaran pencurian orang yang lalu lalang di depan toko.
2.      Perhatikan warna. Tempatkan produk dengan warna warna cerah di bagian yang paling mudah dilihat, padukan warna cerah tersebut letakkan bersebelahan dengan warna cerah lain. Misalnya warna merah,kuning,orange, putih sehingga lebih cepat menangkap perhatian pengunjung.
3.      Disain menarik sebagai jangkar. Sering kali kita dapati produk yang tidak terkenal memiliki disain atau model yang sangat menarik dan inovatif, anehnya produk terkenal justru disainnya malah biasa-biasa saja,ini sering kita temukan pada produk fashion. Gunakan produk dengan disain menarik ini sebagai jangkar atau penarik dengan cara menggandengkannya dengan produk yang sudah punya nama, dengan harapan pengunjung akan tertarik untuk membeli keduanya dengan dua alasan langsung, disain menarik atau merek terkenal.
4.      Produk laris di bawah. Pada toko retail, letakkan produk yang laris di rak bagian bawah, kenapa? Karena produk yang laris bagaimanapun tetap akan di cari, pembeli sudah sangat hapal bentuk produk tersebut, sehingga ditempatkan di bagian bawah pun tetap akan mudah ditemukan, sedangkan untuk produk yang kurang terkenal tempatkan produknya di bagian yang sejajar dengan mata, selain untuk membantu distributor untuk menjualkan produknya, rak yang sejajar dengan mata harga promosi atau sewa raknya relatif tinggi, distributor biasanya rela membayar sewa pada pemilik toko  agar produknya ditempatkan di tempat strategis.  lumayan kan buat tambahan pemasukan toko anda.
5.       Kemasan besar di kanan. Biasakan meletakkan produk dengan kemasan besar di sebelah kanan, misalnya produk susu merek A kemasan 1000 gram di sebelah paling kanan kemudian diikuti dengan kemasan 800 gram demikian seterusnya sampai kemasan yang paling kecil. Kenapa? Karena kebiasaan manusia menggunakan tangan kanan maka probabilitas terpilihnya produk dengan kemasan besar akan semakin tinggi.
6.      Kelompokkan produk. Kelompokkan produk dengan kategori yang sama pada satu tempat yang berdekatan, dan menempatkan produk pelengkap berdekatan misanya mi isnstan berdekatan dengan saos atau sambal.
7.      Tempatkan produk impulsif dikasir. Sambil  antri biasanya pembeli suka comot sana sini manfaatkan hal ini dengan menempatkan produk dengan harga murah di sekitar kasir, seperti permen, rokok, coklat, aksesoris murah. Sehingga akan menambah jumlah belanjaan. Pilihlah kasir yang santai agar yang sedang antri akan semakin rajin men comot produk tambahan ke keranjang belanja.
Sebenarnya banyak lagi tips untuk menata produk di toko, untuk itu di tuntut kreatifitas dan kejelian anda untuk terus berinovasi dan seringlah berkunjung ke toko sejenis dengan anda untuk menambah pengetahuan dan membuka wawasan.

10 komentar:

  1. sangat berguna bagi anak2 jurusan pemasaran .. lumayan untuk menambah wawasan agar lebih bisa dan mengetahui semua tentang display ..

    BalasHapus
  2. Kalo tips menata barang untuk "Kios" ada gak?

    BalasHapus
  3. untuk kios tidak jauh beda dengan toko yang penting sesuaikan dengan space yang tersedia..cobalah anda survey ke kios lain bila anda menemukan sebuah kios yg tampilannya menarik lakukan ATM.Amati Tiru dan Modifikasi, sukses untuk anda

    BalasHapus
  4. TOKO PLANET CAMERA CANON tbk Laser
    Stok Ready Canon Printer Orginal Bergaransi
    Canon LBP-5360 Rp.8.800.000
    Printer Laser, A4, USB, LAN, 9600 dpi, Laser Color, 21 ppm
    Canon LBP-5300 Rp.7.250.000
    Printer Laser, A4, USB, LAN, 9600 dpi, Laser Color, 21 ppm
    Canon LBP-5100 Rp.4.000.000
    Printer Laser, A4, USB, 9600 dpi, 12 ppm, Laser Color
    Canon LBP-5050 Rp.1.950.000
    Printer Laser, A4, USB, 9600 dpi, 12 ppm, Laser Color
    Canon PIXMA Pro9500 Rp.3.350.000
    Printer Inkjet, A4, USB, 4800 dpi, CMYK
    Minat Call/SMS:085229488511
    Toko kami melayani pengiriman seluruh indonesia
    Melalui VIA JNE / TIKI,Free Ongkir ke alamat masin masin
    Alamat jln.letjen soeprapto no 28 ITC CEMPAKA MAS jakpus

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. saya sangat setuju dengan tips yang diberikan dan sudah saya praktekan di toko saya, alhamdulillah dengan mengikuti tips diatas, barang2 yang kemaren kurang diminati skrg sudah mulai terjual dan barang2 yg sangat diminati saya tempatkan diposisi yg tidak begitu terlihat tetap dibeli juga oleh konsumen...

      kunjungi jg blog toko saya apabila ingin melihat konsep menyusun toko online sederhana
      zinniashop.blogspot.com

      Hapus








  6. Briel Singlet Jumper
    cocok dipakai saat cuaca panas
    bahan super adem
    tidak tersingkap saat di pakai otomatis bayi tidak masuk angin
    bisa juga dipergunakan sebagai dalaman ketika berpergian atau cuaca dingin
    harga 100rb isi 6 singlet..

    Size NB lebar 20cm panjang 38cm
    Size S lebar 22cm panjang 40cm
    Size M lebar 25cm panjang 41cm
    Size L lebar 26cm panjang 42cm
    Size XL lebar 27cm panjang 43cm

    Biasanya ukuran diatas bisa utk anak umur :
    NB (0-3bln),S(3-12Bln).M(1-2thn),L(2-3thn),XL(3-4thnan) dengan BB rata".

    Warna Putih Bersih
    High Quality Fabric
    kain kualitas export
    lembut, dingin dan nyaman dipakai
    Kain beraroma Strawberry dan tahan lama.
    Bahan tidak kuning setelah pencucian berulang kali.
    Kancing anti karat.

    ORDER BY SMS : 0856 4103 7796

    http://grosirsingletjumper.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Terimakasih infonya, sangat membantu.

    BalasHapus
  8. Untuk pilih rak yang pas ya gan, jangan sampai salah pili rak yang tidak awet atau tidak kokoh..intip laman berikut ini untuk cek model rak toko http://www.deporak.com

    BalasHapus

Bagi pembaca Mohon tinggalkan coment,