Rabu, 01 Februari 2012

Seberapa Menarik Industri atau Bisnis Anda?

Seberapa menarik industri atau bisnis anda?  Sebuah industri memiliki berbagai macam karakteristik, ada industri yang relatif sulit untuk dikelola ada yang relatif mudah untuk dikelola, hal ini sangat tergantung dari pelaku industri tersebut atau yang akan memasuki industri tersebut. Dilihat darimanakah industri itu menarik atau tidak berikut ini uraiannya sebelumnya anda siapkan list untuk penilaian anda:
1.       Seberapa ketat persaingan didalam industri tersebut  :Untuk memudahkan anda dalam menganalisa kita ambil saja suatu daerah dilingkungan anda. Coba lihat di sekitar anda apakah disitu sudah ada  rumah makan, laundy, rental CD, minimarket, apotik dan sebagainya. Kalau sudah ada seberapa ketat persaingan antar industri tersebut. Coba anda buat skala sendiri antara 1 sampai 10. cantumkan dalam list anda.
2.       Berapa kuat daya tawar pembeli  :  Anda tentu  tahu apa rata rata profesi dari masyarakat lingkungan anda dan berapa kira kira pendapatan mereka gaya hidup mereka kemana mereka berbelanja dan sebagainya. Kumpulkan informasi tersebut dalam list anda.
3.       Ketersediaan pemasok: Disini anda mungkin sudah menentukan industri apa yang akan anda masuki, contoh saja anda ingin membuka sebuah laundry, dimana anda akan memperoleh mesin mesin, sabun,pewangi dan sebagainya. Jangan terpaku hanya pada satu pemasok saja carilah beberapa pemasok agar anda terhindar dari tekanan harga, monopoli harga atau anda bisa memilih harga terbaik, pelayanan dan produk terbaik. Ingat ketersediaan tenaga kerja juga harus anda perhatikan.
4.       Apakah industri yang anda pilih mempunyai produk atau jasa pengganti: industri yang anda pilih bisa saja memiliki produk atau jasa pengganti, untuk laundry penggantinya adalah jasa tukang cuci dirumah  pembantu rumah tangga atau mesin cuci. Tapi anda tidak perlu khawatir anda harus bisa melihat apakah untuk masa akan datang produk pengganti itu akan semakin kuat atau semakin lemah, maksudnya penggunaan mesin cuci apakah masih efisien dalam hal biaya listrik, waktu yang dihabiskan karena masih harus setrika, ditambah lagi dengan kesibukan masyarakat perkotaan, dibanding dengan jasa laundry yang anda tawarkan -siap terima jadi .
5.       Masuknya pesaing baru: Apakah industri  yang anda akan pilih ini akan mudah dimasuki pesaing baru nantinya. Tergantung dari beberapa hal, besarnya investasi yang dibutuhkan untuk memulai industri tersebut semakin besar investasi yang dibutuhkan semakin besar pula hambatan pesaing baru untuk masuk, semakin tinggi skill yang dibutuhkan akan semakin tinggi pula hambatan masuk bagi pesaing baru, seberapa strategis lokasi anda, seberapa baik pelayanan anda demikian sebaliknya.
Dari lima analisa industri diatas dapat membantu anda dalam menentukan industri atau bisnis yang akan anda masuki. Untuk update bisa anda lihat di postingan saya selanjutnya. (dari five force M.E. Porter)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi pembaca Mohon tinggalkan coment,